Daerah

PULUHAN PETANI DESA SAMPORA KECAMATAN CIKIDANG HARAPKAN BANTUAN JARINGAN IRIGASI DESA DAN JALAN USAHA TANI

SUKABUMI – Lentera Berita. Com

Dalam menunjang hasil pertanian di wilayah Desa Sampora Kecamatan Cikidang,sejumlah petani mengharapkan adanya bantuan pembangunan irigasi dan jalan usaha tani di wilayah tersebut.  Pasalnya hingga saat ini irigasi yang ada hanyalah irigasi tradisional.
Menurut salah seorang petani,asep (35), karena belum adanya irigasi permanen di wilayah tersebut pihaknya sangat kesulitan untuk mengatur air yang masuk ke dalam sawah.

“Kalau musim hujan seperti ini, air melimpah sehingga kadang membuat sawah kebanjiran. Sedangkan saat kemarau justru mengalami kekeringan,” Ujar asep

Hal senada diungkapkan Kepala Desa Sampora,Holili.SP,masyarakat kami yang notabene kehidupan penghasilannya dari pertanian memang sangat membutuhkan bantuan pembangunan jalan usaha tani dan jaringan irigasi desa.

” Karena dengan adanya irigasi permanen, para petani diwilayah desa sampora bisa mengatur debet air, sehingga tidak terjadi kebanjiran saat musim hujan ataupun kering saat musim kemarau dan juga dalam mengangkut hasil panennya pun tidak terlaku mengeluarkan biaya yang terlalu besar untuk mengangkut hasil panen,” Tuturnya.

Luas lahan yang membutuhkan pembangunan irigasi tersebut kata Rodi, ada sekitar 37,5 hektar sawah.dalam satu tahunnya pihaknya bisa menaman padi sebanyak tiga kali itupun kalau air yang tersedia lancar.

“Kalau ada irigasi kita juga bisa menyelingi penanaman padi dengan palawija lainnya sehingga ada pemasukan lebih untuk para petani yang ada di sini,” jelasnya.

Terkait dengan pengusulan pembangunan irigasi sendiri, Holili menjelaskan pihaknya sudah sering kali mengajukan pembangunan kepada Pemerintah Kabupaten Sukabumi dalam hal ini Dinas Pertanian.  Bahkan menurutnya pengajuan sudah dilakukan sejak beberapa tahun lalu,namun hingga saat ini pengajuan yang mereka lakukan tak kunjung direalisasikan.

“Kita berharap agar pemerintah bisa membangun irigasi dan jalan usaha tani di area persawahan kita ini, dengan harapan dengan adanya irigasi permanen bisa menambah pendapatan petani sehingga diharapkan masyarakat kami yang kebanyakan petani bisa hidup lebih sejahtera dan lebih baik,” Pungkasnya.
Reporter : Abi Fikri

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top

Powered by themekiller.com watchanimeonline.co