Nasional

TANAM CULIK SOLUSI MENCAPAI SASARAN KETAHANAN PANGAN NASIONAL

SUKABUMI – Lentera berita.Com
Sistem tanam culik yang berarti kegiatan menyemai benih sebelum panen,terbukti sangat efektif,sehingga ketahanan pangan nasional bisa terjaga dengan baik.
DR.Ir.Maman Suherman.MM Sekretaris Direktorat jenderal Tanaman pangan RI kepada Lentera berita.Com mengatakan bahwa sistem tanam culik yang pada hari ini petani lakukan terbukti sangat efektif dan efisien membuat ketahanan pangan Nasional bisa terlaksana dan tercapai dengan baik.
” Pak ece merupakan salah satu contoh petani di Kabupaten Sukabumi,merupakan petani yang memaksimalkan lahan,sehingga dia dalam waktu satu tahun bisa 3 kali panen ,dan teknologinya juga diterapkan seperti pemupukan,dan pengelolaan juga sudah Jarwo yaitu teknologi baru sehingga mendapatkan hasil yang maksimal rata – rata 8 ton per tahun,ini merupakan lahan yang dekat ke perkotaan akan tetapi dengan dimaksimalkan lahan yang ada, hasilnya pun bisa maksimal,” Ujarnya.
Masih kata Sekjen Ditjen Tanaman Pangan, disamping sistem culik yang efektif,juga ada sistem tanan jarwo.,artinya Prinsip dari sistem tanam jajar legowo adalah meningkatkan populasi tanaman dengan mengatur jarak tanam sehingga pertanaman akan memiliki barisan tanaman yang diselingi oleh barisan kosong dimana jarak tanam pada barisan pinggir setengah kali jarak tanam antar barisan. Sistem tanam jajar legowo merupakan salah satu rekomendasi yang terdapat dalam paket anjuran Pengelolaan Tanaman Terpadu (PTT).
” Dengan Sistem Culik dan Sistem tanam jajar legowo juga merupakan suatu upaya memanipulasi lokasi pertanaman sehingga pertanaman akan memiliki jumlah tanaman pinggir yang lebih banyak dengan adanya barisan kosong. Seperti diketahui bahwa tanaman padi yang berada dipinggir memiliki pertumbuhan dan perkembangan yang lebih baik dibanding tanaman padi yang berada di barisan tengah sehingga memberikan hasil produksi dan kualitas gabah yang lebih tinggi,” Pungkasnya.
Reporter : Abi Rizal

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top

Powered by themekiller.com watchanimeonline.co