Saba Desa

Ibu – Ibu PKK Desa Palasari girang Buat Inovasi Tabungan Bank Sampah

 

SUKABUMI – Lentera berita.Com

 

Upaya meningkatkan derajat kesehatan keluarga dalam program Perumahan dan Tata Laksana Rumah Tangga melalui penyuluhan dan pemberian stimulant juga Pendataan rumah baik untuk rumah yang sehat maupun rumah yang kurang sehat yang biasanya diakibatkan dengan menumpuknya sampah rumah tangga baik itu organik maupun an organik,Ibu – ibu PKK Desa Palasari girang melakukan pemberdayaan dan inovasi lewat program Tabungan Bank Sampah.

 
Nyonya Nuryaman.SE ,Ketua TPK PKK Kepada Lentera berita.Com mengatakan bahwa Program Tabungan Bank sampah ini sudah berjalan sekitar 6 bulan,inovasi program tersebut
berawal dari dirinya mengikuti pelatihan pengolahan sampah yang dilakukan oleh PT. Chevron melalui Yayasan Persada beberapa waktu lalu.
” Berdasarkan pengalaman tersebutlah dalam benaknya timbul menjadi satu ide bagaimana caranya sampah yang ada dilingkungan masyarakat Desa Palasari girang bisa menjadi produktif, minimal tidak menjadi polusi dilingkungan,dan dengan sampah yang didapat kebanyakan dari ibu – ibi di posyandu dan paud yang dihimbau agar membawa sampah an organik ke tempat penampungan sampah PKK Desa Palasari girang dan hasil uang dari sampah tersebut dibentuk menjadi tabungan,” Ujarnya.

 
Masih Kata Suryanah,dirinya berharap dengan adanya kegiatan tabungan sampah tersebut,lingkungan di Desa Palasari girang bisa menjadi bersih dan terawat dan Pola Perilaku Hidup Bersih dan Sehat dimasyarakat pun semakin tinggi.

 
” Dengan semakin berkembangnya Tabungan Bank Sampah,dirinya berharap kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Sukabumi agar memberikan bantuan kepada PKK Desa Palasari girang,Karen saat ini membutuhkan sarana pendukung dalam hal pengangkutan sampah dari masyarakat seperti bantuan motor yang ada bak sampahnya,dan untuk memperbesar profit dirinya juga sambil mencari penerima atau pembeli sampah – sampah tersebut dengan selisih harga yang lebih tinggi,” Tuturnya.
Dan saat ditemui diruang kerjanya,Kepala Desa Palasari girang,Ujang Ma’mun S.Fil.I, kepada Lentera berita.Com mengatakan bahwa dirinya selaku kepala desa sangat mendukung dan mengapresiasi dengan kegiatan – kegiatan yang dilakukan oleh ibu-ibu PKK di Desanya, karena hal tersebut memang sangat diperlukan selain bisa menggerakkan ibu-ibu aktif ke posyandu juga kegiatan-kegiatan PKK Desa Palasari girang lainnya.


” Untuk pengembangan pengelolaan bank sampah ke depan,kami akan anggarkan dari dana desa untuk pembiayaan pelatihan pengelolaan sampahnya dari pos pemberdayaan kepada para kader PKK yang lain,hal tersebut kami lakukan agar semangat dan kemajuan ibu PKK desa Palasari girang bisa lebih aktif,dan lebih maju lagi untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat ,” Pungkasnya.

Reporter : Abi Rizal

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Quis autem vel eum iure reprehenderit qui in ea voluptate velit esse quam nihil molestiae consequatur, vel illum qui dolorem?

Temporibus autem quibusdam et aut officiis debitis aut rerum necessitatibus saepe eveniet.

Copyright © 2015 The Mag Theme. Theme by MVP Themes, powered by Wordpress.

To Top

Powered by themekiller.com watchanimeonline.co