Daerah

Tanggapi Isu PHK Massal,DPC Federasi Hukatan KSBSI Kabupaten Sukabumi Akan Kawal Hak – Hak Karyawan PT.Citra

SUKABUMI – Lentera berita.Com
Mengenai isu akan adanya Pemutusan Hubungan Kerja Karyawan secara besar-besaran oleh PT.Citra dan juga beredarnya isu adanya Pungutan Liar kepada para Pencari Kerja dilingkungan PT.Citra,hal tersebut mendapatkan Reaksi keras dari Pengurus Serikat Pekerja DPC F – HUKATAN KSBSI Kabupaten Sukabumi.
Nendar Supriatna ketua DPC F-HUKATAN di KSBSI kepada wartawan mengatakan bahwa dalam menyikapi sistem ketenagakerjaan di PT. Citra serta kaitan dengan isu adanya PHK dan pungli,dirinya bersama pengurus yang lain akan tetap berkomitmen untuk selalu tetap melindungi hak – hak buruh baik yang masuk anggota F – HUKATAN KSBSI maupun bukan anggota kami.
” Kami serikat buruh tetap menolak adanya isu pungli tersebut khususnya dalam hal perekrutan tenaga kerja diperusahaan manapun termasuk di PT. Citra yg juga terdapat basis F – HUKATAN KSBSI ,” Ujarnya.
Masih kata Nendar,berdasarkan informasi kepada kami,kondisi perusahaan tersebut memang sedang kekurangan order yang akan berdampak banyak terhadap karyawan yang akan terkena PHK.

” Kita akan terus pantau serta dampingi selama yang menjadi masing hak dan kewajiban para karyawan apakah dilaksanakan sesuai perundang-undangan atau tidak , terutama jangan sampai ada pihak karyawan yang dirugikan,” Tuturnya.
Dalam hal ini kami akan terus berkoordinasi dengan pengurus ditingkat komisariat diperusahaan dan pihak Disnakertrans kabupaten Sukabumi agar bisa turun ke basis perusahaan untuk meminta laporan program kegiatan serikat didalam perusahaan, dilanjutkan terus bersosialisasi dengan para pengurus lainnya ,agar mereka punya kemampuan dalam negosiasi pada saat advokasi permasalahan ketenagakerjaan,kemudian mendorong agar kelak ada Perjanjian Kerja Bersama(PKB) untuk menggantikan peraturan perusahaan (PP), Bedanya PKB yaitu memuat hak dan kewajiban masing-masing pihak. tapi untuk mendapatkan PKB ada syarat-syarat tertentu yang diatur oleh regulasi (kuantitas anggota) maupun pertimbangan organisasi(kualitas). Kenapa hal ini harus diterapkan? agar para pengurus serikat dapat menyelesaikan semua permasalahan ketenagakerjaan yang makin marak terjadi,” Jelasnya.
Untuk itu,Masih kata Nendar ” Adapun agenda kerja rapat DPC beserta pengurus PK kedepan adalah bagaimana untuk bisa evaluasi merumuskan, mengantisipasi ketenagakerjaan agar lebih terjalin hubungan industrial yang seimbang,dan sekarang ini kami terus menyoroti masalah kematian karyawan disaat didalam beraktifitas diperusahaan , Sedangkan Hal lainnya yaitu belum meratanya kepesertaan BPJS ketenagakerjaan sebagai jaminan perlindungan sosial karyawan buruh.dan dengan adanya penyegaran sebagian jajaran dibarengi program baru dari Disnaker Kabupaten sukabumi Maka dari itu kita mengapresiasi keseluruhan program Disnaker salah satunya Mengenai perekrutan tenaga kerja. kami selaku mitra kerja masyarakat , pemerintah dan pengusaha siap mengawal pelaksanaan dari keseluruhan aturan ketenagakerjaan” Pungkasnya.

 

Reporter : Rapik Utama

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Quis autem vel eum iure reprehenderit qui in ea voluptate velit esse quam nihil molestiae consequatur, vel illum qui dolorem?

Temporibus autem quibusdam et aut officiis debitis aut rerum necessitatibus saepe eveniet.

Copyright © 2015 The Mag Theme. Theme by MVP Themes, powered by Wordpress.

To Top

Powered by themekiller.com watchanimeonline.co