Daerah

Desa Sukamanis Kadudampit Ditetapkan Sebagai Kampung Siaga Bencana

SUKABUMI – Lentera berita.Com
Kampung Cikaramat ,Desa Sukamanis, Kecamatan Kadudampit ditetapkan menjadi Kampung Siaga Bencana (KSB) pertama di Kabupaten Sukabumi,oleh Kementrian Sosial RI,bertempat di lapangan sepakbola Kadudampit, Kecamatan Kadudampit, Sukabumi,Jawa barat,Sabtu ( 8/4).
Berdasarkan pantauan Lentera berita.Com kegiatan penetapan KSB tersebut dimeriahkan oleh permainan dari Marching band dan juga dilakukan kegiatan teatrikal simulasi terjadinya bencana yang diperankan warga masyarakat Kecamatan Kadudampit,dan turut serta hadir dalam kegiatan KSB tersebut diantaranya,Anggota Komisi VIII DPR RI dari Fraksi Partai Amanat Nasional, Desi Ratnasari,Kepala Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial Kemensos RI,Harry Hikmat,Sekda Kabupaten Sukabumi,Iyos Somantri,Muspika Kecamatan Kadudampit beserta puluhan tamu undangan.
Ade Irawan,Kepala Desa Sukamanis,kepada Lentera berita.Com mengatakan bahwa
lokasi diwilayah Desa Sukamanis pada tahun 2011 memang terjadi retakan yang lebarnya diperkirakan sekitar 10.cm,dan pemerintah kabupaten Sukabumi pada saat itu guna menjaga hal – hal yang tidak diinginkan sudah merelokasi warga ketempat yang lebih aman.
” Dengan ditetapkannya Desa Sukamanis menjadi Kampung Siaga Bencana dan dengan digelarnya berbagai kegiatan simulasi bencana, dirinya sangat berterima kasih sekali karena dengan demikian masyarakat yang berada di desanya,apabila ada terjadi bencana bisa tahu dan paham apa saja yang harus diutamakan dan dilakukan dalam menjaga keselamatan ,” Ujarnya.
Kepala Direktorat Jendral Perlindungan dan Jaminan Sosial Harry Hikmat,kepada awak media mengatakan Program KSB adalah sebuah kegiatan yang melibatkan masyarakat setempat dalam pelaksanaan penanggulangan bencana,dan dirinya juga menghimbau kepada pemerintah daerah untuk memberikan perhatian yang lebih kepada masyarakat  yang tinggal di daerah rawan bencana terutama dalam pengetahuan dan keterampilan penanggulangan bencana.
“ Dengan adanya Kegiatan Simulasi seperti ini diharapkan masyarakat bisa menjadi tahu, tangggap dan sigap dalam menghadapi bencana sehingga mereka dapat melakukan tindakan-tindakan penyelamatan darurat yang diperlukan apabila terjadi bencana diwilayahnya tersebut,” Pungkasnya.

 

Reporter : Abi Rizal

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Quis autem vel eum iure reprehenderit qui in ea voluptate velit esse quam nihil molestiae consequatur, vel illum qui dolorem?

Temporibus autem quibusdam et aut officiis debitis aut rerum necessitatibus saepe eveniet.

Copyright © 2015 The Mag Theme. Theme by MVP Themes, powered by Wordpress.

To Top

Powered by themekiller.com watchanimeonline.co