Ekonomi

Koperasi YALVY Motor Community Terus Tingkatkan Kualitas Pelayanan

SUKABUMI – Lentera berita.Com
Koperasi angkutan YALVY Motor Community Sukabumi terus berbenah guna meningkatkan kualitas pelayanan terhadap anggotanya,hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya para pemilik kendaraan angkutan yang bergabung ke Koperasi Angkutan YALVY Motor Community Sukabumi.
Berdasarkan Informasi yang dihimpun Lentera berita.Com,pembentukan koperasi angkutan ini sesuai dengan UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas Angkutan Jalan. Dalam pasal 139 disebutkan, penyedia jasa angkutan umum dilaksanakan oleh badan usaha milik negara, badan usaha milik daerah, dan/atau badan hukum lain sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan dan Koperasi YALVY Motor Community Sukabumi ini baru berdiri sekitar satu tahun dengan Badan Hukum No: 43/BH/XIII.15.XII/2015. ,yang berkantor di Kp.Pasir Kolotok RT.02/12 Desa Pamuruyan, Kecamatan Cibadak, Sukabumi,Jawa barat,untuk saat ini berjumlah sekitar 250 anggota,dan program kerja yang diutamakan kali ini adalah kepengurusan surat-surat kendaraan dan juga simpan pinjam.
Ketua Pelaksana Harian KYMC , Firmansyah kepada Lentera berita.Com , masih sedikitnya pemilik angkutan yang tergabung dalam koperasi, dikarenakan ada beberapa kendala yang dihadapi. Diantaranya banyak pemilik kendaraan yang kurang memahami prinsip-prinsip dasar perkoperasian dan pengetahuan managerial bagi pengurus koperasi dalam mengelola koperasi.
“Ada kekhawatiran bila ikut koperasi, legalitas kepemilikan kendaraan atas nama koperasi, bila ada hal-hal yang tidak diinginkan dalam organisasi koperasi, pemilik tidak memiliki kuasa atas hak yang dimiikinya padahal kan tidak seperti itu,” Ujarnya.
Masih kata Firman,dengan adanya kendala seperti itu,kita terus melakukan pendekatan dan memberikan pemahaman kepada para pemilik angkutan tentang pentingnya berkoperasi dan juga yang terpenting bagaimana kita bisa melayani kepada para anggota koperasi KYMC untuk melayani urusan surat-surat saja tetapi untuk kedepan kita akan melakukan KSP ( Koperasi Simpan Pinjam ) juga.
” Ada 11 Trayek angkutan yang sudah bergabung dengan Koperasi YALVY Motor Community,diantaranya Cisaat – Cibadak,Cibadak Warung Kiara,Cibadak- Cikidang,Cibadak- Nagrak,Parung kuda – berkah,Parung kuda – Kalapanunggal,Cisaat – Kadudampit,Lembur situ – Surade, Sukabumi – Baros,dan masih banyak lagi” Tuturnya.
Hal tersebut dibenarkan,Irwan Saeful ( 45),Pemilik angkutan juga sebagai anggota Koperasi KYMC membenarkan bahwa dengan adanya koperasi YALVY Motor Community ini dirinya sangat terbantu sekali,terutama pada saat mobil angkutan miliknya harus ada perbaikan,dengan adanya tabungan dikoperasi,apabila mobil angkutan miliknya ada permasalahan untuk perbaikan, bisa sedikit ada keringanan dalam hal pembiayaan,dan untuk kepengurusan surat-surat juga kita merasa sangat terbantu,karena dengan begitu kita para pemilik angkutan tidak lagi harus memikirkan tentang perpanjangan dan pengurusan surat-surat kendaraan nya,akan tetapi sudah diurus oleh pengurus Koperasi KYMC ” Pungkasnya.
Reporter : Abi Rizal

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top

Powered by themekiller.com watchanimeonline.co