Kriminal

Dua Pelaku Ilegal logging Diamankan Polsek Gading

Probolinggo – Lentera berita. Com

 

Munasit (37) Warga Desa Kamal Kuning, Kecamatan Krejengan dan Ahmaf Nafiudin (29) asal Desa Prasi, Kecamatan Gading, Kabupaten Probolinggo,Jawa Timur ditangkap Kepolisian Sektor (Polsek) Gading, Pasalnya diduga melakukan praktek ilegal logging atau pembalakan liar.

 

Kedua pelaku ditangkap saat polisi bersama Resort Pengelolaan Hutan (RPH) Gading berpatroli di Petak Hutan nomor 36A, Blok Sebitang Desa Keben. Saat melintas di area hutan Sengon, petugas gabungan memergoki pelaku Munasit tengah duduk-duduk di tumpukan kayu sengon yang akan diangkut.

 

“ Saat ditanya soal kepemilikan dan surat penebangan itu, pelaku ternyata tak dapat menunjukkannya. Akhirnya kami bawa pelaku untuk kami mintai keterangan lebih lanjut,” kata Kapolsek Gading, AKP Sugeng Supiryanto kepada awak media, Rabu (22/11/2017).

 

Dari penangkapan terhadap Munasit, kata Sugeng, diketahui pencurian kayu ini juga melibatkan tiga orang lain, masing-masing Azis, Nafi dan Yunus.“Pelaku Nafi kemudian kami tangkap berdasarkan pengembangan dari penangkapan Munasit, sedangakan untuk dua pelaku lain masih buron,Hingga saat ini kedua pelaku sedang dalam pengejaran
Dari penangkapan terhadap dua pelaku, polisi menyita barang bukti 30 pohon kayu sengon berukuran 130 sentimeter dengan diameter 18 sentimeter dan 2 gergaji tangan. Kedua pelaku ini akan dijerat Undang-undang Nomor 18 Tahun 2013 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Perusakan Hutan.“Ancaman hukumannya maksimal 5 tahun,” papar Sugeng.

 

Aksi pembalakan liar, terutama di kawasan lereng pegunungan Argopuro menurut Sugeng, harus dihentikan dan diberantas. Disamping merupakan bentuk kriminal, penebangan hutan secara liar dapat menyebabkan kerusakan lingkungan. “Bisa banjir, apalagi ini sudah masuk musim hujan,” Ungkapnya.

 
Reporter : IPA

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top

Powered by themekiller.com watchanimeonline.co