Saba Desa

PemDes Cijalingan Gelar Kegiatan Peningkatan Kapasitas BPD

SUKABUMI – Lentera berita.Com

Pemerintah Desa Cijalingan Kecamatan Cicantayan Kabupaten Sukabumi menggelar kegiatan pelatihan peningkatan kapasitas BPD,bertempat diaula Desa,Jln.Raya Cijalingan,Sukabumi Jawa barat.

Berdasarkan informasi yang dihimpun,kegiatan tersebut berdasarkan Permendagri No.110 Tahun 2016 Badan Permusyawaratan Desa mempunyai fungsi, membahas dan menyepakati Rancangan Peraturan Desa bersama Kepala Desa, menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat Desa, dan melakukan pengawasan kinerja Kepala Desa.

Dian Suhendar,Ketua BPD Desa Cijalingan dalam sambutannya mengatakam bahwa ,” ¬†dengan adanya pelatihan ini,pengurus BPD bisa paham trntang fungsinya yaitu membahas dan menyepakati Rancangan Peraturan Desa bersama Kepala Desa, menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat desa dan melakukan pengawasan kinerja kepala desa. Dari tiga tugas ini sudah jelas BPD adalah lembaga yang memiliki kekuatan dalam dalam menyepakati peraturan desa yang bakal menjadi pedoman pelaksanaan pembangunan desa.

” Selain itu BPD juga bisa menyalurkan aspirasi dari warga desa pada Kepala desa yang kemudian dijadikan pedoman oleh kepala desa beserta jajarannya dalam melaksanakan program pembangunan desanya. Hebatnya, BPD juga sekaligus memiliki kekuatan untuk mengawasi proses pembangunan desa dalam seluruh aspek. Ini menunjukkan betapa kuatnya BDP dalam ranah politik dan sosial desa,” Ujarnya.

 

 

Reporter : Abby Rizal

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top

Powered by themekiller.com watchanimeonline.co