Daerah

Kumpulan Komunitas Pencinta Sejarah, Gelar Tour Sejarah DiWilayah Kabupaten Sukabumi

SUKABUMI – Lentera berita.Com

Jelajah Sejarah Sukabumi ,Sukabumi Heritages,Forum Pers Independent Indonesia Korwil Sukabumi,Komunitas Kaki Daun,Mahasiswa,dan puluhan Masyarakat yang peduli akan sejarah,menggelar kegiatan Tour Sejarah yang ada diwilayah Kabupaten Sukabumi, Jawa barat.

Berdasarkan Pantauan Lentera berita.Com,kali ini Tour Sejarah dari para Komunitas tersebut melakukan penelusuran sejarah PLTA yang ada diSukabumi diantaranya WaterKracht Tjibadak,Syphon Tjikoeja dan Water Centrale Oebroeg,juga membahas lokasi sejarah yang terlewati diantaranya sejarah sungai Cicatih dimasa kerajaan dan kolonial,sejarah Kalk Industry di Cibadak,perkebunan dan mengunjungi rumah administratur Tendjo Djaya.

Pimpinan Rombongan Tour Sejarah dari Yayasan Dapuran Kipahare,Irman Firmansyah,Kepada Lentera berita. Com mengatakan bahwa kegiatan Tour Sejarah kewilayah yang berada diwilayah dua Kecamatan yakni di Kecamatan Cibadak dan Kecamatan Warungkiara kali ini merupakan awal kegiatan dari kami gabungan komunitas pencinta sejarah sehingga untuk kedepan nya kami akal terus meng eksplore tempat – tempat bersejarah lainnya.

” Hari ini kami sangat apresiasi kepada masyarakat ,adik- adik mahasiswa dan kawan – kawan dari Komunitas lain yang sudah ikut bergabung di Tour Sejarah kali ini,kenapa hari ini kita memperkenalkan dan menyusuri sejarah PLTA,karena kami menilai ini sangatlah penting diketahui,karena dari PLTA oebroeg bisa mengaliri listrik perkebunan yang ada disukabumi,Cianjur bahkan ke DKI Jakarta,” Ujarnya.

Hal senada diungkapkan Dida Hudaya,Admin dari Jelajah Sejarah Sukabumi ( JSS ) bahwa setelah hari ini melihat antusiasme dari masyarakat,kalangan mahasiswa dan pencinta sejarah lain,kita akan terus melaksanakan dan mengagendakan kegiatan seperti hari ini,selain mengeksplore tempat bersejarah lainnya yang terpenting adalah bisa menjadi edukasi bagi masyarakat sehingga mereka bisa paham dari tempat bersejarah tersebut.

” Selain silaturahim antar komunitas pencinta sejarah, juga setelah kita meng eksplore tempat bersejarah tersebut,bisa menjadi bahan edukasi dalam memperkenalkan sejarah daerahnya kepada generasi muda,” Pungkasnya.

 

Reporter : Abi Rizal

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top

Powered by themekiller.com watchanimeonline.co