Daerah

Para Pembudidaya Ikan Lele Di Caringin Diberikan Pelatihan Dan Bantuan Kolam Bioflok Dan Benih Ikan Lele

SUKABUMI – Lentera berita.Com

Pemerintah Kabupaten Sukabumi Kecamatan Caringin menggelar pelatihan dan memberikan bantuan berupa peralatan pembuatan kolam bio flok dan bibit ikan lele bagi kelompok budidaya ikan Lele di Desa Seuseupan. Bantuan pemberian bibit ikan lele ini bertujuan untuk mewujudkan sistem ekonomi kerakyatan yang berkeadilan sosial dan melindungi hak asasi manusia terutama dalam hal pemenuhan kebutuhan dasar manusia.

Kasi Pemberdayaan Masyarakat , Kecamatan Caringin ,Ning Lasminingsih .S.IP.M.Si kepada Lentera berita.Com mengatakan bahwa setelah seharian kemarin peserta pelatihan yang berasal dari kelompok budidaya ikan lele ini mengikuti materi pelatihan dan hari ini mereka langsung mempraktekan tentang bagaimana cara membuat kolam Bioflok dengan baik.

” Melalui pelatihan ini kami bantu memberikan kolam Bioflok, benih lele dan pakannya,sehingga hari ini para peserta bisa membuat dan melihat perkembangan dan melakukan pengawasan benih ikan yang ditanam hingga usia ikan dapat dipanen nanti ,” Ujarnya.

 

Masih kata Ning Lasminingsih,untuk varietas benih lele yang diberikan kepada para peserta yaitu varietas Lele Sangkuriang yang merupakan hasil dari Balai Besar Ikan Tawar Sukabumi dan untuk kedepannya,kami juga akan memfasilitasi penjualan dari ikan lele yang dipanen tersebut, dengan menyiapkan tengkulak agar hasilnya dapat dibeli dengan harga yang layak.

 

” Selain memberikan ilmu tentang cara pemeliharaan dan pembuatan kolam Bioflok dengan baik,juga kami memikirkan tentang pangsa pasar mereka nanti,sehingga mereka tidak bingung untuk menjual ikan lelenya,dan untuk kegiatan pelatihan ini bersumber dari dana APBD II Pemda kabupaten Sukabumi,” Pungkasnya.
Reporter : Abi Rizal

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top

Powered by themekiller.com watchanimeonline.co