Saba Desa

Kampung Babakan RW 01 Di nobatkan Sebagai Kampung Ramah Lingkungan ( KRL)

CIJERUK – Lentera berita.Com

Melalui program Kampung Ramah Lingkungan (KRL), kampung Babakan Rt 01 Rw 01, Desa Cibalung, Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor, memasuki babak baru untuk berkompotisi dalam penilaian Kampung Ramah Lingkungan (KRL) Percontohan dalam ajang pelestarian lingkungan Bogor Kabupatenku Green and Clean 2018.

Ketua KRL Cibalung, Rhomi Matofanizean mengatakan, penobatan kampung Babakan Rw 01 sebagai Kampung Ramah Lingkungan sebagai momentum penting terjadinya semangat warga setempat menjadi kampung yang lebih berdaya dan mampu menjadi indikator keberhasilan program pelestarian lingkungan masyarakat.

“Fokusnya pada kegiatan bersih-bersih lingkungan seperti membuang sampah plastik maupun sampah berupa organik. Termasuk, pembersihan saluran-saluran air yang tersumbat, melakukan pemotongan rumput dan penanaman pohon serta penanaman bunga dipot atau pekarangan rumah, “kata Rhomi disela-sela penilaian KRL.

Dijelaskannya, untuk memberikan perangsang dalam menangani sampah yang terstruktur, ia bersama warga membentuk Bank Sampah, tentunya agar dalam pengelolaaan sampah khususnya plastik bisa didaur ulang kembali, sehingga, hasil nantinya menjadi komoditi bagi warga itu sendiri.

“Artinya, kalau yang biasanya warga membuang sampah ke selokan atau kebun, sekarang bisa ditampung ke Bank Sampah. Bahkan, saat ini anggotanya juga sudah mencapai 84 dari sebelumnya 20 orang, “ucapnya.

Fokus lainnya, lanjut Rhomi, dilanjutan dengan sistim sanitasi melalui pembuatan biopori, serta konservasi atau penghijauan disetiap rumah penduduk sampai fasilitas umum. “Kita berharap, adanya kegiatan ini, warga lebih antusias dalam membenahi lingkungannya, supaya kedepan bisa mendatangkan wisatawan dan menambah penghasilan warga. Apalagi ini program Kabupatenku Grean and Clean 2018, “tuturnya.

Sementara, Kepala Desa Cibalung, Rusyadi mengungkapkan pelaksanaan KRL bisa menjadi pelopor perubahan lingkungan masyarakat cibalung serta dapat mengubah pola pikir dan perilaku masyarakat secara konkret. Melalui dukungan aparatur desa, tenaga pendamping KRL, dan masyarakat yang aktif untuk membangun kampungnya sendiri.

“KRL Cibalung bukan hanya tanggung jawab pengurus, tapi semua warga. Kampung Ramah Lingkungan bukanlah jargon apalagi mimpi. Tapi realitas lingkungan yang sehat, indah dan bersih berkat partisipasi seluruh warga, “ungkapnya.

Karenanya, lanjut Rusyadi, KRL sangat membutuhkan aksi dan tindakan nyata dari warga agar tercipta pengelolaan lingkungan hidup secara terukur dan berkesinambungan. “Terukur, supaya dapat dirasakan hasilnya nanti oleh masyarakat, sedangkan berkesinambungan, bukan untuk saat ini saja tapi untuk selamanya di masa mendatang hingga bisa dirasakan anak cucu, “terangnya.

Reporter : Egy

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top

Powered by themekiller.com watchanimeonline.co