Daerah

Kepala Puskesmas Nagrak: Cegah DBD Melalui PSN Dan 3 M

SUKABUMI- Lentera berita. Com

 
Sehubungan dengan hasil penyelidikan epidemiologi tentang dugaan adanya kasus demam berdarah dengue (DBD) di beberapa Desa yang berbeda wilayah kerja Puskesmas Nagrak,kondisi ini menjadi perhatian serius pihak puskesmas untuk mengantisipasi penyebaran penyakit DBD. Pasalnya, penyakit yang disebabkan oleh nyamuk itu cukup berbahaya bila terlambat ditangani.

 

Kepala Puskesmas Kecamatan Nagrak, Yuyun Wahyuni, Am. Keb. SKM kepada Lentera berita. Com mengatakan bahwa dimusim penghujan dan setelah musim penghujan itu sangat rentan untuk terjangkitnya DBD, Selain pencegahan penyakit DBD melalui diberikannya abate kepada masyarakat, diharapkan peran serta masyarakat melakukan pemberantasan sarang nyamuk (PSN), dengan gerakan 3M (menutup rapat tempat penampungan air, menguras rutin tempat penampungan air dan menimbun atau membuang bekas penampungan air yang sudah tidak terpakai itu sangat penting dilakukan.

 

” Abatisasi fungsinya untuk pencegahan jentik. Jadi untuk meminimalkan terjadinya siklus dari nyamuk itu. Abate biasanya ditaruh di air kamar mandi. Jadinya nyamuk tidak lagi bertelur di air, kebanyakan warga selama ini meminta fogging, padahal sebenarnya fogging tidak efektif karena hanya membunuh nyamuk dewasa saja, sedangkan larva tidak terkena efek dari fogging, maka dari itu dibuat pencegahan. pencegahannya berupa 3M (Menguras, Menutup, dan Menimbun) dan abatisasi, kemudian membersihkan baju-baju yang bergantung dan sebagainya, Ujarnya.

 

Masih kata Kepala Puskesmas, untuk itu
dirinya menghimbau agar masyarakat selalu melaksanakan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat juga Pemberantasan Sarang Nyamuk, seperti jangan membiarkan air yang tergenang, karena itu memicu jentik nyamuk Aides Aigepty berkembang biak,dan merupakan penyebab terjadinya Demam Berdarah Dengue ( DBD).

 

” Dirinya menghimbau, apabila ada masyarakat yang mengalami gejala seperti demam tinggi, sakit kepala dan sakit badan, agar segera
memeriksakan diri ke Puskesmas terdekat untuk segera dilakukan pemeriksaan , ” Pungkasnya.

 

Reporter: Abby Rizal

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Quis autem vel eum iure reprehenderit qui in ea voluptate velit esse quam nihil molestiae consequatur, vel illum qui dolorem?

Temporibus autem quibusdam et aut officiis debitis aut rerum necessitatibus saepe eveniet.

Copyright © 2015 The Mag Theme. Theme by MVP Themes, powered by Wordpress.

To Top

Powered by themekiller.com watchanimeonline.co