Daerah

Sungguh Ironis, Diduga Tak Berizin, Pabrik Tahu Di Desa Sekarwangi Dua Tahun Sudah Beroperasi

SUKABUMI- Lentera berita. Com

 
Sebuah pabrik Tahu yang terletak Di Desa Sekarwangi Kecamatan Cibadak Kabupaten Sukabumi sudah dua tahun beroperasi diduga tak berizin, hal tersebut terungkap tatkala ada pengaduan warga ke Pemerintah Desa Sekarwangi yang mengeluhkan tentang limbah pabrik Tahu tersebut yang menimbulkan bau menyengat dan menyebabkan ikan dikolam milik warga banyak yang mati.

 
Budi ( 30) salah seorang Warga Kp. Jatimekar RT. 05/03 Desa Sekarwangi Kecamatan Cibadak kepada Lentera berita.Com mengatakan bahwa sebenarnya permasalahan ini sudah cukup lama,dan sudah sering kali kami mengadukan ke RT dan RW setempat,akan tetapi tidak ada tindak lanjutnya,dirinya sebagai pengusaha depot ikan yang saluran airnya terlintas oleh aliran pembuangan limbah pabrik Tahu tersebut merasa dirugikan dan sangat terasa sekali bau dari limbah tersebut.

 

” kalau musim penghujan limbah pabrik Tahu tersebut tidak terlalu bau, akan tetapi kalau musim kemarau bau nya sangat menyengat dan sebelum ada pabrik Tahu ekosistem Air disini normal, akan tetapi setelah ada pabrik Tahu banyak Ikan yang mati, dan warna airnya pun berubah, dan dirinya berharap agar ada penindakan dari Pemerintah Desa, Kecamatan, maupun Dinas yang terkait ” Ujarnya.

 
Hal senada diungkapkan Kakan ( 70) warga Kp. Bantarmuncang RT. 02/07 Desa Sekarwangi Kecamatan Cibadak bahwa yang memiliki kolam pemancingan ikan, dirinya sangat dirugikan dengan adanya pabrik Tahu tersebut karena selain berpengaruh terhadap Air yang menyebabkan ikan banyak yang mati, juga kolam pemancingan ikan miliknya Kini sepi ditinggal para pelanggan nya diakibatkan hal tersebut.

 

” Jelas sangat dirugikan, karena dulu pemancingan miliknya rame, akan tetapi hari ini sepi, dan ikan pun banyak yang mati akibat limbah Tahu tersebut,” Tuturnya.

 
Dan saat ditemui dikantornya, Kepala Desa Sekarwangi, Anwar Saepudin. S. IP mengatakan bahwa kami telah memanggil pengusaha Tahu tersebut akan tetapi tidak pernah datang dan sejak berdiri perusahaan tersebut memang benar, bahwa setahu dirinya perusahaan Tahu tersebut belum ada ijin, dan hari ini kami akan langsung mengecek ke lokasi pabrik tahu tersebut.

 

” Sudah saya panggil pengusaha nya tersebut, akan tetapi sampai hari ini pun pengusaha Tahu tidak datang juga, dan sejak awal berdiripun perusahaan pabrik tersebut memang belum ada ijin,baik dari lingkungan maupun Surat permohonan dari pihak pemilik usaha tersebut kepada Pemerintah Desa,” Pungkasnya.

 
Reporter: Abby Rizal

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Quis autem vel eum iure reprehenderit qui in ea voluptate velit esse quam nihil molestiae consequatur, vel illum qui dolorem?

Temporibus autem quibusdam et aut officiis debitis aut rerum necessitatibus saepe eveniet.

Copyright © 2015 The Mag Theme. Theme by MVP Themes, powered by Wordpress.

To Top

Powered by themekiller.com watchanimeonline.co